• Banyak Pilihan Sewa Mobil di Tempat kami, Siap melayani kebutuhan sewa mobil harian,mingguan dan Bulanan. Harga Sewa Flexibel.
Obyek Wisata Monkey Forest

Obyek Wisata Monkey Forest

Juni 19, 2024 | Obyek Wisata | 0 Komentar

Monkey Forest – Di jantung budaya dan keindahan alam Ubud, tersembunyi sebuah surga kecil yang dihuni oleh ratusan kera ekor panjang yang ramah dan penuh rasa ingin tahu. Monkey Forest, atau Hutan Monyet Ubud, adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi siapa pun yang ingin merasakan sisi alami dan spiritual Bali. Tempat ini tidak hanya menawarkan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para monyet, tetapi juga menyuguhkan pemandangan hutan tropis yang rimbun dan kuil-kuil kuno yang sakral.

Terletak di Desa Padangtegal, Monkey Forest adalah cerminan harmonisasi antara manusia, alam, dan spiritualitas. Hutan ini memiliki sekitar 700 monyet dan tiga pura suci, menjadikannya tempat yang unik di mana pengunjung dapat merasakan keajaiban alam dan warisan budaya sekaligus. Setiap sudut hutan ini mengundang kita untuk merenung dan merasakan kedamaian yang sulit ditemukan di tempat lain.

jika anda mencari pengalaman unik di Bali, Monkey Forest menawarkan petualangan yang tak terlupakan. Bersiaplah untuk berjalan di bawah kanopi pepohonan hijau yang menjulang tinggi, mendengarkan kicauan burung yang merdu, dan menyaksikan kelincahan monyet-monyet yang bermain dengan riang. Monkey Forest adalah tempat di mana keajaiban Bali terasa nyata dan mendalam, menunggu untuk dijelajahi oleh setiap pengunjung.

Tentang Obyek Wisata Monkey Forest Wajib Di Kunjungi

Sejarah dan Budaya
Monkey Forest adalah rumah bagi sekitar 700 kera ekor panjang (Macaca fascicularis), yang hidup bebas di habitat alami mereka. Tempat ini juga memiliki tiga pura utama yang suci bagi umat Hindu Bali: Pura Dalem Agung Padangtegal, Pura Beji, dan Pura Prajapati. Pura-pura ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga menjadi bagian penting dari kehidupan spiritual komunitas lokal.

Pura Dalem Agung Padangtegal
Merupakan pura utama di kawasan Monkey Forest, dibangun untuk memuja Dewa Siwa. Pura ini dipercaya sebagai tempat yang sangat sakral, di mana para pendeta dan umat berdoa serta melakukan upacara keagamaan.

Pura Beji
Pura ini terletak di dekat sungai dan digunakan untuk upacara melukat, sebuah ritual penyucian diri. Pura Beji adalah tempat yang menenangkan, dikelilingi oleh pepohonan hijau dan aliran air yang jernih.

Pura Prajapati
Pura ini didedikasikan untuk Dewi Prajapati dan digunakan untuk upacara pemakaman. Terletak di dekat area pemakaman desa, pura ini menjadi bagian penting dalam ritual keagamaan masyarakat Padangtegal.

Flora dan Fauna
Selain kera, Monkey Forest Ubud juga memiliki kekayaan flora yang beragam. Hutan ini ditumbuhi oleh sekitar 115 spesies tanaman dan pepohonan, beberapa di antaranya dipercaya memiliki khasiat obat. Kawasan hutan yang rimbun ini menciptakan lingkungan yang sejuk dan teduh, sempurna untuk berjalan-jalan santai sambil menikmati keindahan alam.

Aktivitas Wisata

Berinteraksi dengan Kera
Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan kera-kera yang ada di sini. Meskipun ramah, penting untuk tetap berhati-hati dan mengikuti aturan yang ada, seperti tidak memberi makan kera dengan makanan dari luar dan menjaga barang-barang pribadi agar tidak direbut oleh kera.

Menjelajahi Hutan
Tersedia jalur-jalur jalan setapak yang memudahkan pengunjung menjelajahi hutan. Sambil berjalan, Anda dapat menikmati pemandangan pepohonan besar, sungai kecil yang mengalir, dan patung-patung kuno yang tersebar di berbagai sudut hutan.

Mengunjungi Pura
Meskipun tidak semua pura terbuka untuk umum, pengunjung masih bisa melihat arsitektur pura yang indah dan merasakan atmosfer spiritual yang kental di sekitarnya. Setiap pura memiliki ukiran dan ornamen khas Bali yang mempesona.

Panduan Terkini Berwisata ke Obyek Wisata Monkey forest

Berikut adalah panduan terkini untuk membantu Anda merencanakan kunjungan yang menyenangkan dan aman ke Monkey Forest Ubud.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung
Musim Kemarau (April – Oktober)
Musim kemarau adalah waktu terbaik untuk berkunjung karena cuaca yang cerah dan kering, memungkinkan Anda untuk menjelajahi hutan dengan nyaman.

Musim Hujan (November – Maret)
Meskipun hujan lebih sering turun, keindahan Monkey Forest tetap mempesona dengan vegetasi yang lebih hijau. Namun, pastikan untuk membawa payung atau jas hujan.

Cara Menuju Monkey Forest Ubud

Dari Bandara Ngurah Rai

  • Mobil Pribadi atau Sewa: Perjalanan dari bandara memakan waktu sekitar 1,5 jam melalui Jalan Raya Ubud.
  • Taksi: Tersedia di bandara, pastikan untuk menegosiasikan tarif sebelum berangkat.
  • Bus Shuttle: Beberapa layanan shuttle bus menghubungkan bandara dengan Ubud, kemudian Anda bisa menggunakan transportasi lokal menuju Monkey Forest.

Harga Tiket Masuk

  • Dewasa: Rp 80.000
  • Anak-anak: Rp 60.000

Harga tiket dapat berubah, jadi pastikan untuk memeriksa informasi terbaru sebelum berkunjung.

Tips Berkunjung

  • Patuhi Aturan: Ikuti semua petunjuk dan aturan yang diberikan oleh petugas untuk menjaga keselamatan Anda dan kera.
  • Jaga Barang Bawaan: Pastikan barang-barang pribadi seperti kacamata, topi, dan perhiasan tersimpan aman karena kera bisa mengambil barang-barang tersebut.
  • Bawa Uang Tunai: Untuk membeli tiket masuk dan keperluan lain, karena tidak semua tempat menerima pembayaran dengan kartu.
  • Kenakan Pakaian Nyaman: Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk berjalan-jalan di hutan.
  • Hindari Memberi Makan Kera: Kera sudah mendapatkan makanan yang cukup dari pengelola hutan, memberi makan kera bisa menyebabkan perilaku agresif.

Fasilitas

  • Toilet: Tersedia di beberapa titik dalam area hutan.
  • Area Istirahat: Tersedia tempat duduk untuk beristirahat di sepanjang jalur setapak.
  • Pemandu Wisata: Tersedia pemandu lokal yang siap memberikan informasi lebih dalam tentang sejarah dan budaya Monkey Forest

Akomodasi di Monkey Forest

Mengunjungi Monkey Forest Ubud tidak lengkap tanpa memilih akomodasi yang nyaman di sekitarnya. Ubud menawarkan berbagai pilihan penginapan yang cocok untuk segala jenis wisatawan, mulai dari backpacker hingga mereka yang mencari kemewahan. Berikut adalah beberapa rekomendasi akomodasi di sekitar Monkey Forest Ubud untuk membantu Anda menemukan tempat yang tepat selama liburan.

Hotel dan Resort Mewah

1. Ubud Village Hotel
Ubud Village Hotel terletak sangat dekat dengan Monkey Forest. Hotel ini menawarkan kamar-kamar yang elegan dengan fasilitas lengkap, termasuk kolam renang, spa, dan restoran yang menyajikan masakan lokal dan internasional. Cocok untuk wisatawan yang mencari kenyamanan dan kemewahan.

2. Komaneka at Monkey Forest
Hotel ini menawarkan pengalaman menginap yang mewah dengan pemandangan hutan tropis yang menakjubkan. Komaneka at Monkey Forest memiliki suite dan vila dengan kolam renang pribadi, layanan spa, dan restoran yang menyajikan makanan sehat dan lezat.

3. Alaya Resort Ubud
Alaya Resort Ubud adalah pilihan yang sempurna bagi mereka yang mencari penginapan berkelas dengan sentuhan seni dan budaya lokal. Resort ini menawarkan fasilitas premium, termasuk kolam renang, pusat kebugaran, dan layanan spa yang menenangkan.

Penginapan Menengah

1. Pertiwi Resort & Spa
Terletak hanya beberapa menit dari Monkey Forest, Pertiwi Resort & Spa menawarkan kamar-kamar yang nyaman dengan harga terjangkau. Fasilitas yang ditawarkan termasuk kolam renang, spa, dan restoran dengan berbagai pilihan menu.

2. Champlung Sari Hotel
Champlung Sari Hotel adalah pilihan yang bagus untuk wisatawan yang ingin dekat dengan Monkey Forest tanpa mengeluarkan banyak biaya. Hotel ini memiliki kolam renang, spa, dan restoran yang nyaman dengan pemandangan hijau.

3. Inata Monkey Forest Hotel
Inata Monkey Forest Hotel menawarkan penginapan yang nyaman dan modern dengan harga yang bersahabat. Hotel ini memiliki kolam renang dan restoran yang menyajikan sarapan setiap pagi.

Penginapan Budget

1. Oka Kartini Bungalows
Bagi backpacker dan wisatawan dengan anggaran terbatas, Oka Kartini Bungalows adalah pilihan yang tepat. Terletak tidak jauh dari Monkey Forest, bungalow ini menawarkan kamar sederhana namun nyaman dengan harga yang terjangkau.

2. Pondok Pundi Village
Pondok Pundi Village menawarkan kamar-kamar bersih dan nyaman dengan harga yang sangat terjangkau. Fasilitas termasuk kolam renang kecil dan restoran yang menyajikan makanan lokal.

3. Teba House Ubud Guest House
Guest house ini adalah pilihan populer di kalangan backpacker. Teba House Ubud Guest House menawarkan kamar-kamar yang nyaman dengan harga murah dan suasana yang ramah dan hangat.

Tips Memilih Akomodasi

  • Lokasi: Pilih akomodasi yang dekat dengan Monkey Forest untuk menghemat waktu dan tenaga dalam perjalanan.
  • Fasilitas: Sesuaikan pilihan akomodasi dengan kebutuhan Anda, seperti kolam renang, spa, atau restoran.
  • Anggaran: Tentukan anggaran Anda dan pilih penginapan yang sesuai dengan budget Anda tanpa mengorbankan kenyamanan.
  • Ulasan: Baca ulasan dari tamu sebelumnya untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang kualitas dan layanan dari akomodasi yang Anda pilih.

Ubud menawarkan berbagai pilihan akomodasi yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan dan anggaran. Dengan memilih penginapan yang tepat, Anda dapat menikmati liburan yang lebih nyaman dan menyenangkan saat mengunjungi Monkey Forest. Semoga panduan ini membantu Anda menemukan tempat menginap yang sempurna untuk petualangan Anda di Ubud!

Monkey Forest Ubud adalah destinasi yang menawarkan pengalaman unik dengan keindahan alam dan kekayaan budaya Bali. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menikmati kunjungan yang aman dan menyenangkan. Selamat berpetualang dan jangan lupa untuk membawa pulang kenangan indah dari Monkey Forest Ubud!

Baca Juga : Palugada Trans

Related Post

Obyek Wisata Sekumpul Waterfall
Terbit : 12 Juli 2024

Obyek Wisata Sekumpul Waterfall

Sekumpul Waterfall Terletak di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Air Terjun Sekumpul dikenal sebagai salah satu air terjun terindah di Bali. Nama “Sekumpul” berarti...
Obyek Wisata Hidden Canyon Beji Guwang
Terbit : 11 Juli 2024

Obyek Wisata Hidden Canyon Beji Guwang

Hidden Canyon – Tersembunyi di antara lanskap alami Bali yang memukau, Hidden Canyon Beji Guwang adalah sebuah permata tersembunyi yang menawarkan petualangan dan keindahan alam...

0 Komentar

Open chat
info Cepat Hubungi 08113992501
Hello 👋 Saya Dengan Yuli
Apa ada Yang Bisa Saya Bantu?
Silahkan Chat Kami Untuk Mendapatkan Info lebih Lengkap ☺️